Tips dan Trik Memilih Harddisk Yang Bagus

Tips dan Trik Memilih Harddisk Yang Bagus. Hard disk drive merupakan media penyimpan data yang ada pada notebook atau desktop PC. anda bisa menyimpan file musik, video, foto, dokumen penting dan data lain pada sebuah harddisk.

Dalam memilih Harddisk tidaklah serumit memilih Motherboard atau Processor, namun anda juga perlu melakukan beberapa pertimbangan untuk mendapatkan Harddisk yang dapat bekerja secara maksimal, sesuai dengan spesifikasi komponen dan kebutuhan anda.

1. Kapasitas
Anda pasti sudah mengerti maksud dari kapasitas, yaitu banyaknya data yang dapat ditampung dalam suatu harddisk. Misalkan anda membeli harddisk 80 GB, sebenarnya kapasitas tampung harrdisk itu tidak sepenuhnya 80 GB (pada beberapa produk ditulis dengan tanda kira-kira / tilde ? ~80 GB)

2. Buffer
Nah ini juga mempengaruhi kecepatan harddisk anda Andaikan buffer sebagai pintu masuk data pada harddisk, semakin besar lebar pintunya, semakin cepat data akan masuk. Pada umumnya, harddisk yang murah memiliki kapasitas buffer yang kecil (2048 KB = 2 MB). Saat ini buffer pada harddisk ada 3 pilihan, yaitu 2 MB, 8 MB, dan 16 MB.

3. Kecepatan putar (rotation per minute / rpm).
Kecepatan putar merupakan maksimal banyaknya putaran pada harddisk. Pada harddisk dengan 5400 rpm berarti mampu berputar sebanyak 5400 kali dalam 1 menit. Pada umumnya harddisk standar kecepatannya 7200 rpm. Saat ini kecepatan putar terdapat 2 macam, yaitu 7200 rpm dan 10000 rpm.

4. Interface
Pada saat membeli, sesuaikan dengan motherboard anda, bila anda memiliki banyak port SATA, sebaiknya anda menggunakan SATA. Perlu diketahui bahwa SATA terdapat 2 macam, yaitu:
- SATA 1.5 Gbps (satuannya gigabits per second)
- SATA 3.0 Gbps
Secara teori, SATA 1.5 Gbps memiliki kecepatan transfer hingga sekitar 150 MB/s (8 bits = 1 byte) dan SATA 3 Gbps memiliki kecepatan transfer hingga sekitar 300 MB/s. Namun pada kenyataannya, kecepatan cache (buffer) tidak seperti yang disebutkan pada teori. Berdasarkan benchmark (uji coba), harddisk SATA 3 Gbps tercepat, transfer cachenya hanya sebesar 201 MB/s. Apalagi kecepatan tulisnya, hanya sekitar 70 MB/s. Tidak jauh berbeda dengan menggunakan IDE.

5. Fitur
Untuk memaksimalkan harddisk anda dapat memaksimalkan fiturnya namun perlu dukungan motherboard nya juga.

 GO

Lihat Koleksi Kaos Lainnya:

Share this product :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. IniBaru.com | Kaos Distro Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger