10 Produk Terbaik Yang Pernah Dibuat Microsoft


Perusahaan perangkat lunak Microsoft terus mengembangkan dan melakukan diferensiasi untuk portofolio produknya.

Sejak didirikan pada 1975 di Amerika Serikat, Microsoft memiliki banyak unit bisnis. Tak hanya sistem operasi dan perangkat lunak (software), tetapi ada pula unit bisnis mesin pencari (Bing), konsol game (Xbox), layanan digital (MSN), e-mail (Outlook), sistem operasi mobile Windows Phone, bahkan Microsoft juga membuat perangkat keras dan perangkat input.

Dari semua produk besutan Microsoft tersebut, setidaknya ada 10 produk terbaik dan tercatat sebagai produk revolusioner. Berikut 10 produk terbaik Microsoft sebagaimana dikutip KompasTekno dari Business Insider.

1. Microsoft Arc Touch Mouse (2011)
Mouse ini adalah salah satu perangkat aksesori dengan desain terbaik dan futuristik yang pernah dibuat Microsoft. Produk ini memenangkan banyak penghargaan.

Arc Touch Mouse bisa disimpan dalam posisi lurus, tetapi bisa pula ditekuk jika hendak digunakan.

Anda akan menemukan sensasi yang berbeda ketika menggunakan scroll-nya, yang terletak di antara tombol klik kanan dan klik kiri. Setiap kali Anda menggulirkan jari di sensor scroll ini, ada efek getaran dan suara yang unik. Mouse ini terkoneksi lewat Bluetooth dan daya listriknya mengandalkan energi baterai.

2. Microsoft Flight Simulator (1982)
Pernahkah Anda membayangkan bagaimana rasanya menerbangkan pesawat? Microsoft memberi sedikit gambaran tentang hal itu melalui program simulasi bernama Flight Simulator.

Flight Simulator dipandang sebagai video game simulasi penerbangan yang paling terkenal dan canggih. Meski dimainkan secara virtual, tata cara menerbangkan pesawat di Flight Simulator paling sesuai dengan kenyataan.

Program Flight Simulator dibuat 3 tahun lebih awal dibandingkan sistem operasi Windows.

3. Microsoft Xbox Original (2001)
Perangkat ini adalah bukti bahwa Microsoft dapat membuat konsol game yang menarik perhatian para gamer. Ada layanan Xbox Live, yang dengannya para gamer dapat bermain secara online melawan pengguna Xbox lain dari seluruh dunia.

Sejak kali pertama dirilis pada 2001, Xbox generasi pertama laris manis di pasar Amerika. Tak heran jika Xbox menjadi salah satu unit bisnis Microsoft yang paling sukses.

4. Windows 95 (1995)
Ini merupakan sistem operasi Windows yang paling sukses, dengan rekor penjualan sebanyak 7 juta kopi dalam 5 pekan pertama.

Windows 95 kali pertama menerapkan menu Start di taskbar, tombol meminimalkan, memaksimalkan, dan ikon tombol X untuk menutup jendela. Windows 95 telah mendukung koneksi internet, dial-up networking, serta plug and play.

5. Microsoft Exchange Server (1993)
Dirilis pada 1993, Microsoft Exchange Server jadi juara untuk sistem operasi server di banyak perusahaan dari seluruh dunia.

Fitur utama dari Microsoft Exchange Server terdiri dari e-mail, kalender, kontak, dan dapat diintegrasikan dengan layanan Microsoft Outlook. Tak hanya itu, Microsoft Exchange Server juga dapat melakukan sinkronisasi secara nirkabel dengan perangkat mobile dan browser untuk layanan e-mail, kalender, dan kontak.

6. Microsoft Windows XP (2001)
Meski sudah terbilang tua, sistem operasi Windows XP hingga kini masih banyak digunakan oleh khalayak. Windows XP edisi 64-bit merupakan sistem operasi Microsoft pertama yang memanfaatkan instruksi 64-bit pada prosesor sehingga mendukung jumlah memori besar.

XP telah dimanfaatkan untuk proyek efek pada film, animasi 3D, dan teknik perfilman lainnya.

7. MS-DOS (1981)
Ada kontroversi mengenai MS-DOS, kala itu beredar rumor bahwa Microsoft tidak benar-benar menciptakan sistem operasi ini. Microsoft membeli QDOS dari perusahaan Seattle Computer Products dan memodifikasinya.

Microsoft memodifikasi QDOS secara khusus untuk komputer pribadi (PC) IBM. Versi khusus untuk PC IBM disebut PC DOS, setelah itu lahirlah MS DOS versi 1.0 yang dirilis pada 1982.

MS DOS dan PC DOS mulanya dikembangkan secara paralel oleh Microsoft dan IBM, dua perusahaan yang akhirnya berpisah.

8. Microsoft Office (1990)
Microsoft Office merupakan software perkantoran yang paling berguna karena mudah digunakan. Ia mendukung produktivitas penggunanya.

Saat ini Office terdiri dari layanan Word, Excel, PowerPoint, Access, OneNote, Outlook, Publisher, dan lainnya.

9. Windows 3.1 (1992)
Windows 3.1 merupakan sistem operasi 16-bit yang menjadi dasar untuk mengembangkan sistem operasi modern yang ada saat ini.

Ia menjadi sistem operasi Windows pertama yang didistribusikan bersama pembelian komputer pribadi baru. Kesuksesan Windows 3.1 menjadi masa kejayaan Microsoft.

Windows 3.1 memperkenalkan beberapa fitur baru seperti program yang digunakan untuk mengorganisasi data, menyediakan pilihan jenis font, menyediakan screen saver, permainan Minesweeper dan Solitaire, serta sejumlah perbaikan lainnya.

10. Xbox 360 (2005) dan Kinect (2010)
Microsoft terus mengembangkan konsol game Xbox hingga akhirnya lahirlah Xbox 360. Konsol game ini bersaing ketat dengan Sony PlayStation 3.

Xbox 360 dibekali dengan media penyimpanan data hard disk, stik pengontrol nirkabel, dan menjanjikan kinerja yang lebih cepat.

Selain itu, Microsoft juga merilis alat pengontrol berbasis gerak yang diberi nama Kinect. Alat yang diperkenalkan pada 2010 lalu ini memungkinkan penggunanya berinteraksi dan bermain game melalui gerakan.

Melihat potensi besar yang ada di Kinect, alat ini tak hanya digunakan untuk bermain game. Kinect dikembangkan oleh perusahaan lain di luar Microsoft. Di dunia kedokteran, Kinect sedang diuji coba untuk membantu proses operasi.

Sumber | kompas.com

Lihat Koleksi Kaos Lainnya:

Share this product :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. IniBaru.com | Kaos Distro Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger